Apa Itu Kinesio taping??

Saat ini gaya hidup sehat sudah mulai diminati masyarakat kita, hal ini dapat terlihat dari menjamurnya futsal stadium, gym dan komunitas-komunitas olahraga, sepeda, dll saat adanya Car Free Day yang mulai rutin diadakan oleh pemerintah kota.

Yang ingin saya share disini adalah bagi anda para atlit atau olahragawan amatir maupun yang sudah pro yang mempunyai keluhan pada otot kini sudah ada solusi untuk mengatasinya.

Pernahkan anda melihat David Beckham, Serena William dan masih banyak atlit lain memakai semacam plester berwarna-warni pada tubuhnya???beckham with kinesio

Ya, itu sebenarnya bukanlah sembarang plester, Plester itu dikenal dengan Elastic Therapeutic Taping (ETT) atau Kinesio Taping adalah semacam plester yang ditempelkan ke anggota tubuh yang diinginkan guna memaksimalkan kinerja otot.
Ditemukan pertama kali pada 1970-an oleh Dr. Kenzo Kase, pada awal kemunculannya Kinesio Taping sering digunakan untuk terapi akupuntur. Seiring perkembangan zaman, plester itu mulai digunakan di bidang olah raga. Plester ini terbuat dari bahan khusus yang sangat elastis seperti katun dan acrylic adhesive back. Dengan desain permukaan seperti ular, plester ini terasa sangat lengket di badan pemakai sehingga tidak mudah terlepas. Kinesio taping ini juga sangat fleksibel dan dapat dikenakan pada sebagian besar bagian dari tubuh yang memungkinkan kita untuk melakukan gerakan penuh.
Fungsi utama dari plester ini adalah untuk memberikan elastisitas lebih kuat bagi otot-otot yang terasa kejang dan juga melindungi serta mendukung otot. Beberapa orang juga menggunakan plester ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya cedera karena kelelahan dan kejang pada otot. Beberapa pakar physiology of exercise seperti Dr Stewart Bruce-Low juga mengakui bahwa pemakaian plester seperti ini dapat meningkatkan kekuatan dengan mengurangi energi yang hilang bersamaan sewaktu melakukan pergerakan.
Kinesio taping bukanlah barang ilegal dan dilarang di dalam dunia olahraga karena memang tidak melanggar aturan. Tercatat beberapa atlit dan olahragawan menggunakan ini dalam pertandingan mereka seperti David Bechkam, Gareth Bale (sepak bola), Venus William (tenis), lance armstrong (balap sepeda), dan masih banyak lagi.
Terlepas dari itu, kini Kinesio taping telah hadir di dalam dunia olahraga sebagai eye-catching accessory yang ikut menghiasi pertandingan-pertandingan.

Pada pertandingan piala AFF tampak beberapa pemain kita juga menggunakan kinesio taping ini, antara lain Zulkifli Syukur, Okto, Bambang Pamungkas, dan beberapa pemain lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s